Ternyata Ini Fungsi AVR Alternator Yang Sering Terlupakan

AVR alternator terbaru memang sudah banyak dikenal di kalangan pengguna genset mengenai perannya yang amat krusial. Tetapi yang unik, ternyata tidak banyak yang tahu secara pasti tentang fungsi dari alternator tersebut. Kebanyakan hanya menganggap sebagai stabilisator saja yang meskipun tidak salah tetapi jelas masih jauh dari kata lengkap. Itulah mengapa kiranya cukup penting memperkenalkan fungsi dari AVR secara lebih menyeluruh.

Untuk membantu pembaca sekalian mengenal AVR alternator terbaik secara lebih baik lagi, maka pada kesempatan kali ini akan diangkat tentang fungsi-fungsi umum yang sepertinya seringkali terabaikan. Padahal fungsi yang dimaksud tak kalah krusial dari sekedar menstabilkan tegangan. Lebih jelasnya, berikut ini beberapa fungsi dari AVR alternator yang dimaksud.

  1. Pengatur tegangan output

Pertama, AVR dapat berfungsi sebagai komponen yang mengatur output voltage alias tegangan keluar. Fungsi satu inilah yang banyak sekali diketahui orang, sehingga bisa dikatakan sebagai fungsi paling umum dari AVR.

  1. Pengatur drop voltage

Berikutnya AVR alternator dapat pula berfungsi sebagai komponen yang mengatur drop voltage alias tegangan jatuh. Tegangan jatuh adalah ketika beban lebih berat dari beban umumnya yang kemudian mengakibatkan tegangan menjadi jatuh. Tetapi fungsi yang kedua ini hanya dapat berlaku pada genset yang disusun secara paralel atau dalam istilah lain disebut dengan synchronous genset.

  1. Pengatur over voltage

Fungsi umum terakhir adalah sebagai komponen yang menjadi pengatur dari over voltage alias tegangan lebih yang kerap terjadi pada genset. Fungsi kali iniĀ  semakin jelas menunjukkan bagaimana AVR dapat dijadikan sebagai pengaman, karena over voltage jelas bukanlah hal yang tampak baik apabila terjadi.

Dengan mengetahui ketiga hal di atas, semoga bukan hanya menjadikan pembaca sekalian lebih paham akan AVR alternator. Sebab dengan mengetahui ketiga hal di atas, harapannya kesadaran akan pentingnya menggunakan AVR juga turut menyertai. Karena seperti yang sudah disampaikan di atas, AVR sendiri dapat dijadikan salah satu mekanisme pengaman pada genset yang tentu dibutuhkan oleh genset apapun baik keluaran merk ternama maupun bukan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *